Tata Kelola Pemerintah Transparan Dan Akuntabel

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh, Taufiq Alamsyah, S.Sos mengikuti Lokakarya dan Pameran Pemerintah terbuka untuk Tatakelola Pemerintahan yang lebih Transparan dan Akuntabel di Ballroom Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Selasa (29/8). Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT membuka secara resmi acara dalam rangka peringatan 50 tahun Asian Development Bank (ADB) di Indonesia.

Asian Development Bank (ADB) saat ini sedangg melaksanakan program “Delivering Knowledge Solutions in Asia and the Pacific – Strengthening Open Government Implementation in Banda Aceh, Indonesia“.  Program ini bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi pemerintah yang berkualitas yang mengarah kepada advokasi, penelitian dan kerja pengembangan untuk meningkatkan dampak sosial. Lebih Khusus lagi program ini bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan cakupan dan ruang lingkup data terbuka yang dipublikasi di portal data pemerintahan terbuka, dengan mengundang dinas-dinas lain dan meningkatkan jumlah data set yang dipublikasikan;
  2. Membangun contoh penggunaan data terbuka dari pemangku kepentingan yang berbeda seperti kelompok ahli tehnologi, organisasi masyarakat sipil, peneliti dan media serta memberikan umpan balik terhadap kualitas data dan;
  3. Mensosialisasi data terbuka kepada masyarakat dan pemerintahan lainnya yang akan mengadaptasi data terbuka melalui media media berbeda dan menggunakan output berbeda yang dihasilkan dari contoh penggunaan data.

Selain itu acara ini juga mengadakan pameran/lokakarya pembelajaran dengan melibatkan pemerintah kota dan pemerintahan di wilayah barat Indonesia. Lebih khusus lagi pemaran iniakan mengenalkan inovasi data terbuka kepada banyak peserta dan untuk mendorong kota dan kabupaten lain untuk mempertimbangkan penerapan inisiatif data terbuka.

Acara ini juga langsung dibuka oleh Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT yang dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang telah dilaksanakan oleh ADB baik di Indonesia dan Aceh Khususnya. Wagub Aceh juga berharap kegiatan ADB di Aceh terus melanjutkan kegiatan serta program nya untuk masyarakat Aceh.

 

 

 

Selain itu Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin dalam sambutannya juga menyambut baik apa yang selama ini ADB lakukan di Kota Banda Aceh dalam peningkatan kualitas hidup masyarakatnya serta mampu meningkatkan inisiatif masyarakat Banda Aceh untuk terus mempromosikan kotanya dengan menggunakan sosial media sehingga masyarakat diluar Banda Aceh mengetahui bagaimana dengan kondisi Banda Aceh saat ini.

 

 

Sementara itu perwakilan ADB Senior Open Data and Local Government Expert untuk program Delivering Knowledge Solutions in Asia and the Pacific – Strengthening Open Government Implementation in Banda Aceh, Indonesia, Michael P Canares juga mengapresiasi kepada Kota Banda Aceh yang sudah mulai melaksanakan program open data di pemerintahannya, sehingga masyarakat bisa mengetahui secara langsung apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah Aceh.