Walikota Kunjungi Bantaran Krueng Daroy

Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE Ak, MM, Minggu sore (12/11) melakukan kunjungan kerja ke permukiman warga di Dusun Geurute Gampong Sukaramai Kecamatan Baiturahman Kota Banda Aceh, dalam kujungan tersebut Walikota Banda Aceh memberikan apresiasi yang tinggi kepada Satker PKP Provinsi Aceh dan Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh yang secara langsung terlibat untuk melakukan penataan kembali baik itu bantaran sepanjang Krueng Daroy maupun penataan perumahan tidak layak huni di sepanjang sungai tersebut. Dalam kujungan tersebut, Walikota  juga melakukan Silaturahim dengan warga Dusun Geurute Gampong Sukaramai, beliau berjanji akan menata kembali kawasan tersebut dan saat ini Pemerintah Kota Banda Aceh mendapat Bantuan dari Kementerian PUPR Republik Indonesia sebesar 15 Milyar rupiah yang akan dilakukan pelaksanaan pada tahun 2018. 

Dalam kesempatan itu juga Walikota Banda Aceh mengungkapkan harapan kiranya nanti bila kawasan ini telah ditata, diharapkan perencanaan atau Detail Engineering Detail (DED) nya harus disesuaikan dengan kearifan lokal dimana untuk Dusun Gampong Geurute ini mayoritasnya berprofesi sebagai pedagang, dalam hal ini pedagang jagung dan kacang rebus, maka Ikon tersebut diharapkan di fasilitasi dengan baik termasuk juga kemudahan akses air bersih, sanitasi dan kemudahan dalam melaksanakan Ibadah, karena di Dusun ini belum terdapat mesjid ataupun meunasah. Maka pada saat desainnya nanti diharapkan dibuatkan semacam jembatan penyeberangan menuju Gampong Neusu Jaya yag terletak diseberang Dusun Geurute.

Dalam kunjungan yang singkat tersebut Walikota Banda Aceh mendapat pejelasan yang detail mengenai rencana dan detail kegiatan pada kawasan tersebut dari Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jalaluddin, ST, MT yang memaparkan bahwa pola penataan akan dilakukan disepanjang Krueng Daroy mulai dari Jembatan Putroe Phang sampai ke Jembatan Seutui sepanjang ± 1 Km, konsep dan pola yang akan didetailkan adalah merubah image kawasan tersebut menjadi kawasan wisata dengan segala fasilitas didalamnya, dalam paparan tersebut juga disampaikan bahwa di lokasi tersebut saat ini Gp. Sukaramai tepatnya di Dusun Geurute mendapatkan Bantuan Dana Investasi (BDI) tahun 2017 dari Program KOTAKU sebesar 350 juta  rupiah, dimana dilokasi kegiatan akan dibangun IPAL Komunal yang diatasnya akan diibuat MCK Plus mengingat warga dusun tersebut membuang kotoran dan limbah rumah tangga masih langsung ke Sungai (Krueng Daroy) dan penyiapan Bak sampah 3R standar dan penyiapan becak sampai sebagai alat angkut sampah pada kawasan tersebut. Lebih lanjut Kadis Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh berharap untuk dukungan seluruh elemen masyarakat gampong serta aparaturnya dan khususnya Camat Baiturrahman M. Rizal, S. STP, agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, ujar Jalaluddin, ST, MT.

Dalam kunjungan tersebut juga turut hadir unsur DPRK Banda Aceh A. Ghafur, PPK PKPBM Edwyn Akhsa, ST, MT serta unsur Muspika, aparatur Gampong Sukaramai, Konsultan Perencanaan Kawasan serta Tim Korkot KOTAKU Banda Aceh.(wyn)