Pembangunan Hunian Vertikal

Kementerian PUPR terus berupaya agar generasi milenial dapat memiliki hunian pertama yang sehat, berkualitas, nyaman dan dengan harga yang terjangkau. Salah satunya lewat pembangunan hunian vertikal di kawasan perkotaan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Hunian berkonsep TOD dibangun di kawasan yang terintegrasi dengan simpul transportasi umum, seperti stasiun kereta. Untuk selanjutnya pembangunan hunian berkonsep TOD juga akan dilakukan pada kawasan terminal bus.

“Selain mendorong penggunaan tanah yang lebih efektif, dengan tinggal di hunian vertikal di kawasan perkotaan, generasi milenial dapat lebih mudah menjangkau kawasan perkantoran dan komersial yang menjadi lokasi kerjanya,” ucap Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti dalam kegiatan Webinar Serial I Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2020, Kamis (13/8).

Di samping hunian vertikal, pemerintah juga mendorong perbankan untuk bisa mempermudah penyaluran KPR untuk para generasi milenial. Dengan demikian, generasi milenial akan lebih tertarik untuk menyisihkan penghasilannya untuk membeli aset seperti rumah.