Pulihkan Ekonomi Jayapura dan Wamena

Kementerian PUPR melalui bppw papua ditjenciptakarya melakukan perbaikan gedung pemerintahan, pasar serta fasilitas pendidikan guna pemulihan kegiatan ekonomi dan pemerintahan di Jayapura dan Wamena pasca aksi massa Agustus 2019 lalu.

“Selain menunjuk salah satu BUMN Karya, dalam pelaksanaan rehabilitasi ini Kementerian PUPR melibatkan kontraktor lokal di bawah Gapensi dan masyarakat setempat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Rehabilitasi dan rekonstruksi yang ditangani Kementerian PUPR di Jayapura meliputi Aula Majelis Rakyat Papua (MRP), Gedung BLK Kelas II Abepura dan Gedung KPU. Sementara di Wamena meliputi Pasar Wouma, rehabilitasi 403 unit ruko, STISIP Amal Ilmiah Yapis dan Gedung KUA Kabupaten Jayawijaya.

Saat ini, dari seluruh pekerjaan rehabilitasi dan konstruksi tersebut, yang masih dalam pengerjaan adalah 3 unit ruko di Wamena, sementara yang lain telah rampung. Rehabilitasi dan rekonstruksi juga diharapkan mendukung situasi kondusif menjelang digelarnya PON XX Papua tahun 2021 mendatang.