KOTAKU Koordinasi Program CFW

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Budi Kurnisa Syahputra, ST, MT, bersama Korkot KOTAKU Banda Aceh Ika Astuti, SE dan Ketua Pokja PKP Kota Banda Aceh Ir. Irwan melaksanakan pertemuan dengan Kepala Bappeda  Weri, SE, MA. Dalam pertemuan ini membahas rencana program KOTAKU tahun 2021 yaitu Program Cash For Work (CFW). 

Program ini sendiri dilaksanakan setelah melihat kondisi COVID-19 di Aceh, sampai saat ini (17 feb 2021) tercatat sebanyak 9.403 orang. Penderita yang masih dirawat sebanyak 1.284 orang, yang sudah sembuh secara akumulatif sudah mencapai 7.739 orang, dan 380 orang dilaporkan meninggal dunia. Sumber  (https://kumparan.com/acehkini/satgas-covid-19-aceh-jangan-lengah-zona-kuning-belum-aman-dari-corona-1vBClRD4mJ5/full.)

Pelaksanaan program Cash For Work (CFW)  ini juga melihat menurunnya pertumbuhan ekonomi secara masif. Banyak masyarakat yang terkena imbasnya,  terutama pada sektor jasa. Banyak warung serta tempat usaha yang tutup mengakibatkanbanyaknya tenaga kerja yang dirumahkan, Jika kegiatan ekonomi tidak berlangsung dengan baik, maka akan semakin banyak penduduk yang jatuh miskin. Sulitnya untuk mencari pekerjaan menyebabkan menurunnya pendapatan sehinggu membuat perubahan perilaku masyarakat dan harus mengubah perilaku kerja dengan pelaksanaan protokol kesehatan. 

Sehubungan dengan kondisi tersebut, Kementerian PUPR telah mempertimbangkan dampak pandemi yang lebih luas lagi terhadap Covid-19, dengan memulai upaya mitigasi terhadap COVID-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah melalui skema “Cash for Work”. Program ini menyasar masyarakat kelas menengah kebawah yang terimbas dengan pandemi covid 19. Korkot KOTAKU Banda Aceh Ika Astuti,SE berharap program Cash For Work ini bisa dilaksanakan segera di Tahun 2021. Kepala Bappeda Weri, SE, MA menyambut baik program Kementerian PUPR ini. “Saya berharap kegiatan ini bisa segera dilaksanakan, karena banyak sekali masyarakat terkena dampak akibat covid ini, dan harus melalui proses pendataan serta harus mengenai sasaran”.

Senada dengan Kepala Bappeda Kota Banda Aceh, Ketua Pokja PKP Ir. Irwan juga sangat menyambut baik kegiatan dari pusat ini. “Semoga kegiatan ini mampu memperbaiki perekonomian masyarakat Kota Banda Aceh dan membangkitkan motivasi kerja baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang”tutup Irwan.