PKK Kota Bina Kader Gampong Lambhuk, Nurmiati Bahas Tentang Peningkatan UMKM

Hampir sepekan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Banda Aceh melakukan pembinaan terhadap para kader di gampong-gampong yang ada di Banda Aceh. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan peran dan fungsi pengurus PKK.

Begitupun hari ini Kamis (25 Februari 2021), Ketua PKK Kota Nurmiati bersama wakilnya Fauziah dan pengurus PKK Kota membina para kader PKK Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng. Dalam acara turut dihadir Ketua PKK Kecamatan Rahayu Anita, Ketua PKK Gampong sekaligus Ibu Geuchik Fatimah dan para kader PKK gampong lainnya.

Dalam kesempatan itu Nurmiati mengatakan, PKK memiliki program pembinaan dan pendampingan masyarakat melalui kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) salah satunya dengan mendampingi serta menfasilitasi para pelaku UMKM. “Membantu para UMKM sudah menjadi tugas pokok PKK,” jelas Nurmiati.

UMKM, kata Nurmiati, dalam menjalankan usahanya banyak mengalami kendala diantaranya: kendala permodalan, perizinan produk, teknologi pemasaran, dan manajemen usaha. Belum lagi pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini, membuat para pelaku UMKM mengalami penurunan penghasilan.

“Oleh karena itu PKK dan dinas terkait harus terus mendorong keberadaan dan peningkatan perkembangan usaha bagi UMKM,” katanya.

Dia juga mengharapkan PKK dapat memberikan informasi dan wawasan kepada UMKM di Banda Aceh khususnya di Gampong mengenai bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki terutama pada masa pandemi Covid-19.

“Ada beribu UMKM di Banda Aceh yang harus kita bantu, adanya peran PKK dalam memberikan dukungan terhadap kemajuan UMKM diharapkan dapat mendorong semangat UMKM untuk tumbuh dan berkembang,” katanya.

Diakhir acara Nurmiati beserta pengurus PKK kota mengunjungi kebun sayur yang merupakan hasil penaman oleh para kader PKK Gampong Lambhuk.